Wednesday, October 2, 2013

Published 5:19 PM by

Undang-undang

pembacaan undang-undang

Ketika upacara bendera setiap hari senin selalu dibacakan Undang Undang Dasar Tahun 1945. Sebenarnya undang-undang itu apa sih? Yuk kita baca artikel dibawah ini supaya kita lebih tahu tentang Undang-undang.

Pengertian Undang-undang

Pengertian undang-undang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu undang-undang dalam arti material dan undang-undang dalam arti formal.

Undang-undang dalam arti material adalah setiap peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang dilihat dari isinya disebut undangundang dan mengikat setiap warga negara secara umum. Di dalam UUD 1945, dapat kita jumpai beberapa contoh, seperti undang-undang dasar, ketetapan MPR, undang-undang, peraturan perundang-undangan, peraturan pemerintah, keputusan presiden, dan peraturan daerah.

Undang-undang dalam arti formal adalah setiap keputusan penguasa yang dilihat dari bentuknya dan cara terjadinya dapat disebut undang-undang.

Jadi, undang-undang dalam arti formal adalah ketetapan penguasa yang memperoleh sebutan undang-undang karena cara pembentukannya.

Misalnya, ketentuan Pasal 5 ayat (1) UUD 1945 (amendemen) yang berbunyi: “Presiden memegang 
kekuasaan membentuk undang-undang dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat”. Jadi, undang-undang yang dibentuk oleh presiden bersama DPR tersebut dapat diakui sebagai sumber hukum formal karena dibentuk oleh yang berwenang sehingga derajat peraturan itu sah sebagai undang-undang.

Gimana udah pada ngerti kan tentang undang-undang? Untuk posting hari ini mengenai Undang-undang cukup sampai disini, jangan lupa untuk mengunjungi blog ini esok hari karena besok masih ada posting menarik lagi. Terimakasih.

      edit