Wednesday, September 11, 2013

Published 4:03 PM by

Sistem Hukum

garuda dan hukum

Baiklah pada posting hari ini saya akan membahas tentang sistem hukum. Karena materinya cukup banyak jadi akan saya bagi kedalam beberapa posting, jadi pembahasan hari ini hanya akan membahas tentang pengertian sistem saja, selanjutnya mengenai pengertian hukum akan saya posting besok.

Pengertian sistem

Pemahaman umum mengenai sistem adalah suatu kesatuan yang bersifat menyeluruh yang terdiri dari bagian yang berhubungan. Kata “sistem” yang terdapat dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia bermakna susunan kesatuan yang masing-masing tidak berdiri sendiri, tetapi berfungsi membentuk kesatuan secara keseluruhan. Pengertian sistem pada penerapannya tidak bersumber pada satu disiplin ilmu yang mandiri, tetapi dapat pula berasal dari pengetahuan, seni, maupun kebiasaan, seperti sistem mata pencaharian, sistem tarian, sistem perkawinan, sistem pemerintahan, dan sistem hukum.

Pengertian sistem menurut beberapa ahli sebagai berikut.

Drs. Musanef
Sistem adalah kelompok bagian yang bekerja bersama guna melakukan suatu maksud. Apabila salah satu bagian rusak maupun tidak dapat menjalankan tugasnya, maka tujuan yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi atau setidak-tidaknya mendapat gangguan (1989).

W.J.S. Poerwadarminta
Sistem adalah sekelompok bagian (alat dan sebagainya) yang bekerja bersama untuk melakukan suatu maksud (1976).

Prof. Sumantri

Sistem adalah suatu sarana yang menguasai keadaan serta pekerjaan agar dalam menjalankan tugas secara teratur ataupun suatu tatanan dari halhal yang saling berkaitan serta berhubungan sehingga membentuk suatu kesatuan dan satu keseluruhan (1995).

Demikian pengertian sistem menurut beberapa ahli, semoga bisa bermaan bagi saya dan pembaca sekalian. Terimakasih.

      edit