Wednesday, September 25, 2013

Published 8:07 PM by

Fungsi Negara

garuda indonesia

Negara adalah lembaga yang melundingi kita, menjaga hak-hak kita dan memberikan rasa aman kepada masyarakatnya. Itulah contoh kecil dari fungsi negara, masih ada fungsi negara yang lain yang akan anda dapatkan pada artikel dibawah ini, selamat membaca.


Negara dengan alat perlengkapannya berusaha untuk melayani segala keperluan warga negaranya, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri. Ini merupakan salah satu bentuk fungsi pelayanan yang diwujudkan oleh negara. Ada tiga kelompok fungsi negara.

3 Kelompok Fungsi Negara


1) Negara harus memberikan perlindungan kepada para penduduk dalam wilayah tertentu, meliputi perlindungan terhadap ancaman dari luar dan dalam negeri serta perlindungan terhadap bahaya dalam negeri, termasuk bahaya lalu lintas.


2) Negara mendukung atau langsung menyediakan berbagai pelayanan kehidupan masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan.


3) Negara menjadi wasit yang tidak memihak antara pihak-pihak yangbersengketa di masyarakat serta menyediakan suatu sistem peradilan yang menjamin keadilan dalam hubungan sosial masyarakat.

Fungsi Minimum


Menurut Miriam Budiardjo, setiap negara menyelenggarakan beberapa fungsi minimum, yaitu:


1) melaksanakan penertiban untuk mencapai tujuan bersama serta mencegah konflik-konflik yang terjadi di masyarakat,

2) mengusahakan kesejahteraan serta kemakmuran rakyatnya,

3) mengupayakan aspek pertahanan serta keamanan guna menjaga serangan dari luar dan rongrongan dari dalam negeri, dan

4) menegakkan keadilan bagi segenap rakyatnya melalui badan-badan pengadilan yang telah ada serta diatur dalam konstitusi negara.

Sekian posting hari ini mengenai fungsi negara, semoga bermanfaat.
      edit