Subscribe:

Saturday, December 1, 2012

PANCASILA SEBAGAI FALSAFAH DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA


Pengantar

filsafat dan pancasila
             
Kunjungi juga blog biologi sel dan molekuler
Posting pertama saya di blog ini saya beri judul Pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Judul ini saya dapatkan dari materi Mata Kuliah PKn  (Pendidikan Kewarganegaraan) ketika Semester satu dulu, melihat banyaknya materi kuliah yang saya punya di Notebook saya maka saya berinisiatif untuk men-sharenya via blog agar tidak mubazir dan hanya menjadi koleksi saya belaka.


Berikut adalah materi tentang Pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, selamat membaca ^^
Filsafat adalah satu bagian ilmu yang senantiasa ada dan menyertai kehidupan manusia. Dengan kata lain, selama manusia hidup ia tidak dapat mengelak dari filsafat.Pancasila yang terdiri atas lima sila, pada hakekatnya merupakan suatu sistem filsafat, sebab sila-silanya merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak terpisahkan, untuk mencapai tujuan bersama bangsa Indonesia.

Tulisan ini secara sederhana berusaha mengungkapkan kedudukan Pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan dan bernegara; mengupas fungsi pokok Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa dan Dasar Negara RI , serta menampilkan sejumlah penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Daftar Kata Kunci

Ada sejumlah kata kunci yang perlu dipahami lebih awal, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Filsafat
  2. Ontologi
  3. Epistemologi
  4. Aksiologi
  5. Filsafat Pancasila
  6. Kausa Materialis
  7. Hierarkhis Piramidal
  8. Monotheis religius
  9. Monodualis-monopluralis
  10. Pandangan Hidup Bangsa
  11. Dasar Negara
  12. Penerapan nilai-nilai Pancasila


Uraian tentang Konsep dan Teori

Pada bagian ini akan dibahas bagaimana kedudukan Pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, fungsi pokok Pancasila sebagai Pandangan Hidup bangsa dan Dasar Negara RI serta penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sekian materi tentang Pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, materi lainnya saya posting pada postingan lain karena terlalu banyaka jika saya tulis disini semua. Semoga bermanfaat :)